Membaca Mampu Menjaga Kesehatan Otak

Membaca Mampu Menjaga Kesehatan Otak

Media Kesehatan - Membaca Mampu Menjaga Kesehatan Otak. Membahas tentang semua materi dan pembahasan tentang otak manusia hingga kini menjadi sebuah misteri bagi para ahli peneliti. Para penelitipun hingga sampai saat ini beleum menemukan titik pencerahan kenapa otak bisa tumbuh sebesar itu, dalam artian di banding dengan tubuh proporsi kita, bahkan sangat bertolak belakang dengan pertumbuhan mamalia lainya yang jauh lebih kecil. Para peneliti pun belum bisa menjelaskan secara rinci tentang fungsi otak yang sebenarnya.

Membaca Mampu Menjaga Kesehatan Otak

Otak juga sangat berbeda dengan organ tubuh lainya bila sedang istirihat ataupun tertidur, otak akan lebih aktif jika seseorang sedang tertidur pulas. Bahkan untuk merekam aktifitas otak atau EEG, di saranakan oleh Dokter kepada pasien untuk tidur dan tenang untuk menjalankan proses rekam otak, maka jika orang itu tidak tertidur maka rekam otak (EEG) harus di ulang kembali.
Otak yang mengkonsumsi oksigen sebanyak 20 % dan Energi sebanyak 17 % dari tubuh kita, dan terdapat 160.000 km pembuluh darah.

Membaca Mampu Menjaga Kesehatan Otak

Membaca dan menulis adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi otak, dimana beberapa penelitian menyebutkan bahwa rutinitas membaca dapat menjadi 'vitamin' bagi kesehatan otak, menurut "John Stein", profesor ilmu saraf di Magdalen College Oxford, Inggris mengungkapkan bahwa membaca dapat melatih otak secara keseluruhan, Sementara seorang ahli saraf "Susan Greenfield" mengatakan, membaca buku cerita akan mendorong otak manusia untuk berpikir secara berurutan, menghubungkan penyebab, efek dan signifikasinya. Penelitian di tahun 2009 melalui scan otak di Amerika telah menunjukkan bahwa membaca dapat mengaktifkan area otak terkait dengan pengalaman-pengalaman dalam kehidupan nyata dan menciptakan jalur saraf baru. Penelitian lain di tahun yang sama oleh peneliti University of Sussex menunjukkan membaca selama enam menit dapat memangkas tingkat stres sekitar lebih ari dua pertiganya dibandingkan mendengarkan musik atau berjalan-jalan. "Sangat penting untuk mempelajari aktivitas ini bagi seorang anak kecil, di mana otak masih sangat lunak. Itulah mengapa begitu penting bagi orang tua untuk membiasakan membaca pada anak-anaknya," begitu kata sang peneliti.

Demikianlah yang dapat saya sampaikan mengenai materi yang menjadi bahasan dalam postingan Membaca Mampu Menjaga Kesehatan Otak ini, tentunya banyak kekurangan dan kelemahan kerena terbatasnya pengetahuan kurangnya rujukan atau referensi yang kami peroleh hubungannya dengan postingan ini, Saya banyak berharap kepada para teman - teman yang budiman memberikan kritik saran yang membangun kepada kami demi sempurnanya postingan ini. Semoga postingan ini dapat bermanfaat. Aamiin

0 Response to "Membaca Mampu Menjaga Kesehatan Otak"

Posting Komentar